Workshop Kesehatan Jiwa DKJPS Pada Masa Pandemi Covid-19

Kamis, 13 Agustus 2020 bertempat di Hotel Tamansari telah diselenggarakan Workshop Kesehatan Jiwa dengan tema Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pandemi Covid 19.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TP-KJM) tingkat Kabupaten yaitu perwakilan dari OPD terkait, Camat dan Kepala Puskesmas, perwakilan ormas dan organisasi profesi di Kabupaten Karanganyar.

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karanganyar, Drs. Sutarno, M.Si. Dalam sambutannya disampaikan bahwa masyarakat di Kabupaten Karanganyar harus sehat baik fisiknya maupun jiwanya.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan akan terjalin kerjasama dalam pelaksanaan kesehatan jiwa masyarakat serta terwujudnya Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pandemi Covid 19 oleh semua pihak.

Pengambilan Sampel OTG Pemulasaraan Jenazah

Pengambilan sampel Swab Covid- 19 Orang Tanpa Gejala (OTG) pemulasaraan jenazah oleh Tim TGC Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar (Tim Swab)

Dilakukan selama 2 hari , yaitu tanggal 4 dan 5 Juni 2020.

Tempat pengambilan Swab di gedung Penanggulangan Dampak Merokok Kabupaten Karanganyar.

Penguatan Rujukan Maternal Pandemi Covid-19

Kamis, 14 Mei 2020 -Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan pertemuan penguatan rujukan maternal pada masa pandemi Covid-19

Peserta dari 5 Rumah Sakit dan 8 Klinik Pratama. Narasumber dari dr wisnu SPOG (K) ( RS Moewardi Surakarta) dan dr Heri R . SPOG ( RSUD Karanganyar)

Salah satu pelayanan maternal adalah rujukan bagi ibu maternal adalah bagian yang tidak bisa terpisahkan di masa pandemi Covid-19.

Masa pandemi Covid-19 ini dihadapkan pada permasalahan Ibu maternal PPTG maupun ibu maternal non PPTG utk itu diperlukan kesiapan tempat layanan rujukan .

Dengan koordinasi yang baik antara FKTP dan FKRTL maka akan bisa memberjkan layanan yang cepat tepat bagi ibu maternal yang beresiko tinggi dan atau mengalami komplikasi.

Monitoring Pelayanan Gizi Pada Masa Pandemi Covid-19

Rabu,20 Mei 2020 – Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Pertemuan Petugas Gizi Puskesmas Kabupaten Karanganyar.

Pertemuan ini bertujuan untuk memonitoring kesiapsiagaan puskesmas dalam pelayanan gizi selama masa Pendemi Covid 19 dan STUNTING masih program prioritas nasional.

Selama Pandemi Covid-19 kegiatan pelayanan gizi mulai dari ibu hamil, ibu nifas, bayi , balita , remaja, sampai lansia harus tetap diperhatikan dengan berbagi upaya baik kunjungan rumah, tele-konsultasi tetap harus dilaksanakan.

Puskesmas juga diharapkan untuk tetap memperhatikan stok dan distribusi suplemen (Tablet Tambah Darah (TTD) dan Vitamin A) serta PMT bagi ibu hamil, Ibu nifas KEK /anemi dan balita gizi kurang.

Posko 24 jam Covid-19

Kegiatan 24 jam Posko penanganan Covid-19 , terdiri dari:

  • Menjawab pertanyaan yang masuk dan menjelaskan masyarakat yang datang/konsultasi
  • Melakukan screening Covid-19
  • Melaporkan hasil screening kepada ketua TGC