MONITORING EVALUASI JOGO TONGGO

Kegiatan monitoring dan evaluasi Jogo Tonggo dilaksanakan oleh Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar. Kegiatan ini dilaksanakan ke 42 RW / jogo tonggo yang ada di Kabupaten Karanganyar.

Monitoring dalam rangka implementasi pelaksanaan jogo tonggo bertujuan agar warga yang terkonfirmasi dan keluarganya merasa aman, nyaman dan terlindungi serta terpenuhi semua keperluannya pada saat melakukan isolasi mandiri di rumah.

Monitoring dan evaluasi ini juga untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan oleh satgas Jogo Tonggo dalam melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai upaya pencegahan Covid-19 serta dalam rangka mensukseskan vaksinasi di wilayah RW setempat.

PELATIHAN VAKSINATOR

Kamis, 2 September 2021 – Dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi covid 19 di Kab. Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan On Job Training (OJT) tenaga vaksinator yang diikuti oleh relawan dari STIKES AKPER 17 yang terdiri dari unsur Dosen, mahasiswa dan dokter.


Kegiatan OJT akan ditindaklanjuti dengan kegiatan magang oleh tim di vaksin center Kab. Karanganyar.
Output pelatihan adalah bertambahnya tenaga terlatih yg akan bertugas melakukan vaksinasi ke masyarakat.

Narasumber Pelatihan Vaksinator yaitu :
1. dr. Endah Sekti A
2. Farida Nur Khanifa, SKM
3. Tri Yuliastuti,SKM
4. Evi Wahdatul , AMd.Keb
5. Ema Widayati, AMd,Keb
6. Wisarsi, SKM, MKM

EDUKASI VAKSINASI COVID-19 BAGI IBU HAMIL

23 Agustus 2021 – Petugas puskesmas beserta Tim Satgas Covid-19 mengedukasi ibu hamil untuk melakukan vaksinasi dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 pada saat usia kehamilan 12-33 minggu.

Ibu hamil dianggap sebagai salah satu kelompok yang rentan terpapar Covid-19 dan bergejala berat. Oleh karena itu, pemberian vaksin Covid-19 penting untuk ibu hamil agar mendapat proteksi tambahan.

Selain melakukan vaksinasi, ibu hamil juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan yaitu mencuci tangan pakai sabun dan air mangalir, menjaga jarak, memakai masker, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Edukasi Isolasi Terpusat Bagi Warga yang Terkonfirmasi Positif Covid-19

02 Agustus 2021- Petugas Puskesmas beserta Tim Satgas Covid-19 memberikan vitamin kepada warga yang terkonfirmasi Positif Covid-19 dan mengedukasi agar melakukan isolasi terpusat. Dengan dilakukannya isolasi terpusat akan mengurangi risiko terjadinya penularan kepada anggota keluarga lain (Cluster Keluarga).

Balai Latihan Kerja (BLK) yang berada di Desa Bangsri Kecamatan Karangpandan merupakan lokasi isolasi terpusat yang disiapkan Pemerintah Kabupaten Karanganyar bagi warga yang dinyatakan positif Covid-19.

BLK yang dipersiapkan sebagai isolasi terpusat terdiri dari 78 tempat tidur di dua ruang aula di lantai dua serta beberapa kamar di lantai I. Salah satu kriteria yang nantinya menjalani isolasi di BLK ini adalah Warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, memiliki rumah yang sempit sehingga tidak layak untuk melakukan isolasi mandiri dan berpotensi terjadinya penularan.

Pasien terkonfirmasi Positif Covid-19 yang menjalani Isolasi Terpusat di BLK, kesehatanmnya akan akan diperiksa secara rutin, menyuplai makan minum dan vitamin selama 10 hari isolasi atau sampai hasil swab PCR negatif. Kemudian diberi kegiatan rutin seperti senam pagi sampai kajian agama.

VAKSINASI COVID-19 DI CENTRA VAKSINASI COVID-19 KABUPATEN KARANGANYAR


Jum’at, 23 Juli 2021 – Tim Vaksinasi Covid-19 di Centra Vaksinasi Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Vaksinasi Covid-19 di Gedung PMI Karanganyar pada hari Senin, 19 Juli 2021, Kamis, 22 Juli 2021 dan Jum’at,23 Juli 2021. Tim terdiri dari petugas Dinas Kesehatan, PMI dan relawan.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah 2.png

Peserta yang mendapatkan Vaksinasi Covid-19 di Centra Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Karanganyar merupakan hasil verifikasi dari pendaftaran melalui link https://bit.ly/centravaksin_kra pada hari Jum’at, 16 Juli 2021.

Link pendaftaran dibuka Jum’at, 16 Juli 2021 pukul 20:20:00 dan tertutup otomatis Jum’at, 16 Juli 2021 pukul 20:24:00.

Total Kuota Vaksinasi Covid-19 yaitu 700 dan yang terverifikasi 662, terdapat 42 (Empat Puluh Dua) data yang tidak masuk Daftar Calon Peserta Vaksinasi Covid-19 dikarenakan 37 dobel data dan 4 data yang tidak lengkap dan 1 data yang melebihi batas usia.

Persyaratan Peserta Vaksinasi Covid-19 di Centra Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Karanganyar yaitu berusia lebih dari 12 Tahun dan KK/KTP/Domisili Karanganyar.

Pengumuman jadwal Link pendaftaran dan Hasil Verifikasi Calon Peserta Vaksinasi Covid-19 diinformasikan melalui Instagram dan Website Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar.

EDUKASI STIGMA NEGATIF COVID-19

21 Juli 2021- Kegiatan edukasi kepada masyarakat di sekitar pasien terkonfirmasi positif covid-19 agar warga di sekitar rumah pasien selalu mendukung pasien terkonfirmasi yang sedang menjalankan isolasi mandiri serta tidak mengucilkan pasien.

Karena dengan dukungan dari warga sekitar akan mempengaruhi kondisi pasien agar dapat menjalani masa isolasi mandiri dengan nyaman.

Jogo tonggo dan warga sekitar juga diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan pasien terkonfirmasi agar tidak perlu keluar rumah untuk memenuhi kebutuhannya.

VAKSINASI COVID-19 DI CENTRA VAKSINASI COVID-19 KABUPATEN KARANGANYAR

Jum’at, 16 Juli 2021 – Tim Vaksinasi Covid-19 Centra Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan Vaksinasi Covid-19 di Gedung PMI Karanganyar pada hari Senin-Jum’at, 12-16 Juli 2021 pukul 08.00-11.00 WIB.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah image-6.png

Tim terdiri dari petugas Dinas Kesehatan, PMI dan Relawan.

Peserta yang mendapatkan Vaksinasi Covid-19 di Centra Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Karanganyar merupakan hasil verifikasi dari pendaftaran melalui link https://bit.ly/centravaksin_kra pada hari Jum’at – Rabu, 09 -14 Juli 2021 pukul 20.00 WIB.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah image-7.png

Persyaratan Peserta Vaksinasi Covid-19 di Centra Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Karanganyar yaitu berusia lebih dari 12 Tahun dan KK/KTP/Domisili Karanganyar.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama filenya adalah image-8.png


Pengumuman jadwal Link pendaftaran dan Hasil Verifikasi Calon Peserta Vaksinasi Covid-19 diinformasikan melalui Instagram dan Website Resmi Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar.

PENDAMPINGAN SATGAS COVID-19 KECAMATAN DAN DESA/KELURAHAN

07-08 Juli 2021 – Pendampingan Satgas Covid-19 Kecamatan dan Desa/ Keluranan oleh Tim Gerak Cepat Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar. Dalam melakukan pendampingan TGC Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar mempunyai tugas untuk menyampaikan informasi sebagai berikut:

  1. Puskesmas bila menemukan kasus confirm dalam waktu 1’x 24 harus sudah menginformasikan kepada Satgas kecamatan/desa
  2. Satgas Desa dalam waktu 1 x 24 jam harus sudah melakukan isolasi terhadap penderita Konfirmasi Covid 19 beserta anggota keluarga yang tinggal dalam 1 rumah
  3. Satgas Desa dalam waktu 2 x 24 jam harus sudah melakukan tracing untuk menemukan kontak erat penderita Konfirmasi Covid-19 minimal 15 kontak erat/penderita.
  4. Kontak erat yang teridentifikasi langsung dilakukan karantina dan dilaporkan ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan Tes Covid-19
  5. Memastikan bahwa tempat isolasi terpusat yang disediakan kec/desa sudah siap dan bisa digunakan
  6. Satgas Desa agar melibatkan Senkom yang sudah dilatih sebagai tracer oleh Polda/Polres dan Dinkes untuk mencari dan memantau kontak erat
  7. Satgas kecamatan/desa termasuk kadus, rt/rw berperan aktif memberikan sosialisasi , edukasi dan mobilisasi sasaran vaksinasi covid 19 sesuai dengan prioritas dan jadwal yg ditentukan oleh puskesmas.

Selain memberikan beberapa informasi terkait tugas Satgas Kecamatan/Desa dalam Penanganan Covid-19, TGC Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar juga memberikan Leaflet Isolasi Mandiri dan Masker Kain.

GURBENUR JAWA TENGAH MENINJAU PROGRAM JOGO TONGGO DI DESA SEGOROGUNUNG KECAMATAN NGARGOYOSO

Sabtu, 11 Juni 2021 – Gubernur Jawa Tengah meninjau langsung ke rumah ibu hamil dan ibu nifas terkonfirmasi Positif Covid-19.

Pada kesempatan itu Gubernur mewawancarai suami ibu hamil dan ibu nifas bagaimana pelaksanaan isolasi mandiri (isoman)

Kebijakan di Kabupaten Karanganyar sesuai arahan Plt. Kepala Dinas Kesehatan bahwa ibu hamil 1 bulan menjelang taksiran persalinan WAJIB melakukan pemeriksaan PCR .



Bagi ibu hamil yang Positif Covid-19 maka wajib Isoman dan diberikan kartu pemantauan gejala dan pemantauan tanda bahaya pada kehamilan yang wajib diisi oleh ibu hamil.

Jika terjadi salah satu gejala covid atau terdapat tanda bahaya kehamilan atau tanda akan bersalin maka segera menghubungi Bidan Desa.

Bidan Desa akan menghubungi Dinas Kesehatan untuk mencarikan Rumah Sakit (RS) yang tersedia fasilitas perawatan ibu hamil terkonfirmasi Positif Covid-19.

Apabila sudah mendapat RS maka Puskesmas dapat menjemput ibu hamil di rumah menggunakan ambulan dan diantar ke RS Rujukan.

Kebutuhan logistik selama keluarga menjalani isoman dipantau dan dibantu/dicukupi oleh tim Jogo Tonggo secara bergantian, termasuk kebutuhan pakan hewan ternak mereka.

Jika sudah selesai menjalani isoman maka akan diberikan surat keterangan sudah selesai isoman.